Bahasa Indonesia : Klausa Terikat dan Bebas beserta Contoh Soal

Bahasa Indonesia : Klausa Terikat dan Bebas beserta Contoh Soal



Klausa dalam bahasa Indonesia merupakan salah satu diantara unsur gramatikal, selain morfem, fonem, jenis-jenis kata, frasa dalam bahasa Indonesia, dan jenis-jenis kalimat. Adapun pengertian dari klausa sendiri adalah suatu penggabungan dua kata atau lebih yang memiliki predikat, serta berpotensi menjadi suatu kalimat.



Klausa Bebas

Klausa ini merupakan sebuah klausa yang terdiri atas subjek dan predikat karena mempunyai dua unsur kalimat tersebut, maka klausa ini bisa dijadikan sebagai suatu kalimat utuh. Klausa ini juga sering disebut sebagai klausa utama atau induk kalimat. Adapun ciri utama klausa ini adalah tidak adanya penggunaan macam-macam kata penghubung atau konjungsi di dalamnya.

Supaya lebih paham, berikut ditampilkan beberapa contoh dari klausa bebas!
  • Ibu memasak.
  • Ayah memancing.
  • Kucing mengeong.
  • Adik belajar.
  • Kakak bekerja.
  • Petani mencangkul.
  • Lisa menabung.

Catatan :

Klausa Bebas juga mengandung beberapa kata konjungsi tertentu seperti dan, atau, seharusnya, sesudah, dan tetapi.

Contoh :

Media massa bukanlah alat orasi rendahan sebab ada aturan dan kode etik jurnalistik.



Klausa Terikat

Berbeda dengan klausa bebas, klausa ini hanya terdiri atas subjek saja atau predikat saja, sehingga tidak dapat berdiri sendiri dan tidak dapat menjadi sebuah kalimat. Klausa Terikat atau anak kalimat atau klausa turunan ini hanya bisa menjadi salah satu unsur di dalam suatu kalimat dan penulisannya harus dilengkapi dengan adanya penggunaan jenis-jenis konjungsi di dalamnya. 

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh klausa terikat pada kalimat-kalimat di bawah ini!
  • Ibu membeli sayur-sayuran dari tukang sayur langgannanya. (klausa terikat: tukang sayur langganannya, konjungsi: dari)
  • Pak Sayuti telah menetap di Jakarta sejak tahun 1989. (klausa terikat: tahun 1989, konjungsi: sejak)
  • Dia dibawa ke rumah sakit akibat kecelakaan lalulintas. (klausa terikat: kecelakaan lalulintas, konjungsi: akibat)
  • Dia ditangkap polisi karena kedapatan mencuri sepeda motor tetangga. (klausa terikat: kedapatan mencuri sepeda motor tetangga, konjungsi: karena)
  • Andini terus termenung sejak kematian Ibunya. (klausa terikat: kematian Ibunya, konjungsi: sejak)
  • Aku masih bekerja ketika karyawan lain pulang. (klausa terikat: karyawan lain pulang, konjungsi: ketika)
  • Dia ditahan selama 15 tahun hukuman penjara. (klausa terikat: 15 tahun hukuman penjara, konjungsi: selama)
  • Ayah pulang ke rumah sebelum pukul 7 malam. (klausa terikat: pukul 7 malam, konjungsi: sebelum)
  • Kami bekerja kembali setelah selesai makan siang. (klausa terikat: selesai makan siang, konjungsi: setelah)
  • Andi memilih hidup sederhana meskipun mempunyai gaji yang cukup besar. (konjungsi terikat: meskipun mempunyai gaji yang cukup besar, konjungsi: meskipun)

Dari pemaparan di atas, bisa disimpulkan bahwa jenis-jenis klausa berdasarkan strukturnya terdiri atas dua jenis, yaitu klausa bebas dan klausa terikat. Klausa bebas adalah klausa yang srtukturnya terdiri atas subjek dan predikat dan bisa dijadikan sebuah kalimat utuh. Sementara itu, klausa terikat adalah klausa yang strukturnya hanya terdiri atas subjek atau predikat saja, dan tidak bisa dijadukan sebuah kalimat utuh.


Latihan

Carilah Klausa Bebas atau Terikat bedasarkan kumpulan kalimat di bawah ini dan berikanlah alasan mengapa anda menjawab hal tersebut !

  1. Landrete system atau sistem sewa tanah diklaim sebagai produk gagal Belanda, tetapi di sisi lain menguntungkan bagi mereka
  2. Di bulan November 2005, 4Kids Entertainment, yang menjadi distributor Pokémon di luar Jepang mengumumkan bahwa mereka tidak akan memperpanjang kontrak mereka dengan The Pokémon Company Jepang.
  3. Konsep asli dari Pokémon, seperti yang muncul dalam permainan video dan semua fiksional Pokémon secara umum, adalah mengadopsi hobi mengoleksi serangga, di mana hal itu pernah dilakukan oleh Satoshi Tajiri sewaktu ia masih kanak-kanak.
  4. Pada bulan Juni 2012 dikabarkan akan dirilis versi remake dari Pokémon Black dan White yakni Pokémon Black 2 dan White 2 di Jepang, kemudian akan dirilis di luar Jepang pada saat musim gugur 2012
  5. Hewan air lain, seperti moluska dan krustasea kadang dianggap pula sebagai ikan ketika digunakan sebagai sumber makanan.
  6. Ada beberapa hewan air yang sering dianggap sebagai "ikan", seperti ikan paus, ikan cumi dan ikan duyung, yang sebenarnya tidak tergolong sebagai ikan.
  7. Proses transaksi pun berlangsung sederhana, biasanya terjadi antara dua atau lebih orang yang berhubungan sosial secara langsung.
  8. Deregulasi dan birokratisasi pada dasarnya merupakan salah satu upaya dan tindakan konkret (nyata) yang dipergunakan untuk memperkuat dan meningkatkan daya saing perekonomian suatu Negara.
  9. Praktik kedokteran dilakukan oleh para profesional kedokteran–lazimnya dokter, dan kelompok profesi kedokteran lainnya yang meliputi perawat atau ahli farmasi.
  10. Pada awalnya, sebagian besar kebudayaan dalam masyarakat awal menggunakan tumbuh-tumbuhan herbal, dan hewan untuk tindakan pengobatan.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama