Latihan Soal Dasar-Dasar Pemrograman 1 ( Tipe Data, Percabangan, dan Loops )

Latihan Soal Dasar-Dasar Pemrograman 1 ( Tipe Data, Percabangan, dan Loops )



Fibonacci



Buatlah sebuah program untuk menampilkan deret bilangan Fibonacci. Suku pertama dari deret Fibonacci tersebut adalah 1. Suku terakhir yang ditampilkan adalah suku pertama yang melebihi atau tepat sama dengan nilai dari sebuah target. 

Spesifikasi Input 

Input berupa sebuah bilangan bulat N (0 < N ≤ 10000) yang menjadi target dari suku akhir deret Fibonacci. 

Spesifikasi Output 

Tampilkan semua suku dalam deret Fibonacci yang memenuhi persyaratan dari soal. 

Contoh Input 1

100 

Contoh Output 1 

1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144 

Contoh Input 2 

377

Contoh Output 2 

1 1 2 3 5 8 13 21 34 55 89 144 233 377


Tabungan



Pada awal Januari 2018 Womby membuka tabungan di BCW (Bank Central Wombat). Aturan perhitungan bunga bank pada BCW adalah sebagai berikut: 


  • Pada tahun yang berangka ganjil, bunga bank adalah 5%
  • Pada tahun yang berangka genap, bunga bank adalah 8% 

Womby menyimpan uang sebesar 3000$ dan tidak pernah menambahkan atau mengambil tabungannya sejak pertama ia menyimpannya. Berapakah jumlah tabungan Womby pada akhir tahun 2020? 


Waktu Perjalanan 



Wolly ingin mengunjungi rumah neneknya yang berjarak 200 km dari rumahnya. Wolly berangkat pada pk 08.00 dengan mengendarai mobil yang berkecepatan konstan 80km/jam. Pukul berapakah Wolly tiba di rumah neneknya?


Angkatan Laut




Angkatan Laut Wombatland menerima kandidat baru. Para wombat kandidat diajarkan untuk membaca radar. Mereka wajib mengikuti tes membaca radar, dimana mereka diberikan dua buah titik yang merupakan posisi kapal dan posisi musuh, kemudian diminta untuk menyebutkan posisi musuh terhadap posisi kapal. 

Berikut ketentuan penamaan posisi titik. Asumsikan posisi musuh tidak akan memiliki koordinat yang sama dengan posisi kapal. Titik berwarna abu adalah posisi kapal dan titik berwarna biru adalah contoh-contoh posisi musuh (berikut penamaannya berdasarkan letak terhadap titik pusat).


Bantulah Komandan Wombat untuk membuat kunci jawaban test tersebut !

Spesifikasi Input 

Program akan menerima input berupa empat buah bilangan bulat yang merupakan posisi kapal (x1, y1) dan posisi musuh (x2, y2) yang dipisahkan oleh spasi. 
Spesifikasi Output 

Output berupa String dengan aturan seperti pada gambar di atas. 

Contoh Input 1

4 3 8 3

Contoh Output 1

Kanan

Contoh Input 2

4 3 1 1

Contoh Output 2

Kiri Bawah


Plat Mobil



Di kota Wombandung, setiap mobil diberi plat nomor yang berisi sebuah huruf dan sebuah angka antara 1-9999. Angkutan umum memiliki huruf ‘W’, sedangkan mobil pribadi memiliki huruf ‘B’. Baru-baru ini Wombandung sangat macet, sehingga pemerintah memberlakukan aturan ganjil-genap di beberapa jalanan utama. Aturan ini berlaku untuk mobil pribadi saja. Pada tanggal ganjil, hanya mobil bernomor ganjil yang boleh lewat, dan demikian sebaliknya dengan tanggal genap. 

Sayangnya polisi lalu lintas wombat kurang cerdas (seperti wombat-wombat lainnya), jadi mereka kesulitan untuk menentukan mana mobil yang melanggar aturan, mana yang tidak. Hari ini adalah tanggal 15, karena itu semua mobil pribadi bernomor genap harus ditilang. Bantulah polisi wombat untuk menentukan mana mobil yang melanggar dan mana yang tidak. 

Spesifikasi Masukan 

Masukan terdiri dari sebuah plat nomor, yaitu terdiri dari satu huruf kapital ‘W’ atau ‘B’ dan sebuah angka antara 0-9999. Keduanya dipisahkan dengan spasi. 

Spesifikasi Keluaran 

Tampilkan tulisan “melanggar” atau “tidak melanggar” untuk plat nomor pada masukan. Asumsikan program hanya dipakai hari ini, yaitu tanggal 15 J. 

Contoh Masukan dan Keluaran



Traktir 



Deskripsi Masalah 

Dono dan Doni adalah dua wombat yang sedang mengikuti Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrograman. Mereka sepakat memasang target nilai yang sama, yaitu x. Berdasarkan hasil ujian yang mereka peroleh dan target x yang mereka tentukan, mereka akan menentukan siapa yang harus mentraktir makan siang di Warung Pak Moes. Adapun aturannya adalah sebagai berikut: 


  • Apabila nilai keduanya sama, maka tidak ada yang harus mentraktir. 
  • Apabila nilai keduanya berbeda, maka yang harus mentraktir adalah yang selisih nilainya paling jauh dari target yang ditentukan. 
  • Apabila selisih nilai Dono dengan target sama dengan selisih nilai Doni dengan target, maka yang harus mentraktir adalah yang nilainya lebih rendah. 
Perhatikan bahwa Dono dan Doni akan memeriksa terlebih dahulu apakah aturan a terpenuhi. Jika tidak, mereka akan memeriksa apakah aturan b terpenuhi. Jika tidak, maka mereka akan memberlakukan aturan c. 

Buatlah program untuk membantu Dono dan Doni menentukan siapa yang harus mentraktir di Warung Pak Moes. 

Spesifikasi Masukan 

Masukan terdiri dari 3 buah bilangan bulat j, k, dan x. Nilai j melambangkan nilai ujian yang diperoleh oleh Dono, j melabangkan nilai ujian Doni, dan x adalah target yang mereka pasang. 

Spesifikasi Keluaran 

Keluarkanlah DONO jika Dono yang harus mentraktir, DONI jika Doni yang harus mentraktir, atau TIDAK ADA jika tidak ada yang harus mentraktir berdasarkan aturan yang sudah dijelaskan. 

Contoh Masukan dan Keluaran


Palindrome



Deskripsi Masalah

Buatlah sebuah program untuk menentukan apakah sebuah deretan karakter merupakan sebuah palindrom atau tidak. Sebuah deretan karakter adalah sebuah palindrom bila hasil pembacaan deretan karakter tersebut dari kiri ke kanan sama dengan hasil pembacaannya dari kanan ke kiri.

Sebagai contoh, “a”, “aba”, dan “acca” adalah deretan-deretan karakter yang merupakan sebuah palindrom. Contoh deretan karakter yang bukan merupakan palindrom adalah “ab”, “abc”, dan “acba”.

Spesifikasi Masukan

Masukan berisi sebuah string yang merupakan deretan-deretan karakter yang ingin diperiksa. Tiap deretan karakter yang diuji hanya terdiri dari huruf nonkapital.

Spesifikasi Keluaran

Untuk tiap deretan karakter yang diuji, keluarkanlah “palindrom” bila deretan karakter tersebut merupakan sebuah palindrom, dan “bukan palindrom” bila tidak. Keluaran untuk hasil pengujian tiap karakter dituliskan pada sebuah baris terpisah.

Contoh Masukan dan Keluaran


Buku Perpustakaan



Seekor Wombat dimana dia adalah seorang pustakawan ingin menyortir buku bedasarkan kode buku yang mereka buat. Kode tersebut berupa angka integer dari angka 1 hingga 9. Buatlah sebuah program dimana program tersebut bisa menyortir buku dari kode buku dari paling rendah hingga paling tinggi.

Spesifikasi masukkan

Berupa sebuah bilangan bertipe string yang berisikan nomor-nomor kode buku yang memuat angka 1 hingga 9. Kode bisa memuat angka yang sama.

Spesifikasi keluaran

Keluarkanlah sebuah string berisi angka yang sudah terurut

Contoh Input 1

197863542

Contoh Output 1

123456789

Contoh Input 2

1144332

Contoh Output 2

1123344

Wolcano



Deskripsi Masalah

Wombert sedang diminta untuk membantu persiapan penanggulangan bencana letusan Wolcano. Untuk membantu tugasnya, Wombert telah dibekali dengan peta dari ketinggian daerah-daerah di sekitar Wolcano. Ketinggian tiap daerah direpresentasikan sebagai sebuah bilangan dengan nilai dari 0 s/d 9.

Peta ini disimpan sebagai sebuah string yang hanya mengandung karakter angka. Di bawah ini adalah ilustrasi dari ketinggian tiap daerah di sekitar Wolcano bila string yang dimiliki Wombert adalah “2253261”.




Wombert mengetahui bahwa bila terjadi letusan maka aliran lahar akan dimulai dari kawah Wolcano dan lahar akan berusaha untuk menjalar ke lokasi-lokasi lainnya. Lahar hanya dapat menjalar ke lokasi yang bersebelahan dan ketinggiannya sama atau lebih rendah dari lokasinya sekarang. Tiap lokasi yang telah berlahar akan menyebarkan lahar ke daerah-daerah di sebelahnya dengan aturan yang sama seperti dijelaskan sebelumnya. Sebagai contoh, bila kawah Wolcano terletak pada posisi 2, maka lahar akan menjalar ke 5 lokasi dengan warna merah di bawah ini :


Namun bila kawah Wolcano terletak pada posisi 5, maka daerah-daerah yang akan terkena lahar adalah 3 lokasi berwarna merah pada ilustrasi di bawah ini:


Buatlah sebuah program untuk menentukan jumlah daerah yang akan terkena aliran lahar berdasarkan string yang berisi peta ketinggian dan lokasi dari kawah Wolcano !

Spesifikasi Masukan

Masukan pertama untuk program adalah sebuah string yang berisi peta ketinggian daerah-daerah di sekitar kawah. String ini hanya berisi karakter angka. Masukan kedua adalah posisi dari kawah Wolcano pada peta tersebut. Posisi dari kawah Wolcano adalah sebuah bilangan bulat yang merepresentasikan posisi kawah pada string peta.

Spesifikasi Keluaran

Program akan mengeluarkan banyaknya daerah yang akan terkena aliran lahar bila Wolcano meletus.

Contoh Masukan dan Keluaran


FPB 


Deskripsi Masalah 

Wombat Pompom sedang mempelajari tentang Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua buah bilangan bulat. Dari buku yang ia baca, ia mengetahui bahwa FPB dari dua buah bilangan dan adalah sebuah bilangan , di mana adalah bilangan terbesar yang habis membagi sekaligus habis membagi . Sebagai contoh, jika x adalah 27 dan y adalah 63, maka FPB dari 27 dan 63 adalah 9.



Dapat dilihat pada tabel di atas, bahwa faktor-faktor dari 27 adalah 1, 3, 9 ,27 sedangkan faktor dari 63 adalah 1, 3, 7, 9, 21, 63. Terdapat tiga bilangan yang dicetak tebal yang merupakan faktor-faktor yang sama-sama dimiliki oleh 27 dan 63. Artinya, ketiga bilangan ini habis membagi a sekaligus habis membagi b. FPB dari dari 27 dan 63 adalah 9 karena 9 merupakan bilangan terbesar yang habis membagi 27 dan 63.

Buatlah program untuk mencari FPB dari dua buah bilangan bulat !

Spesifikasi Masukan

Masukan terdiri dari dua buah bilangan bulat, yaitu dan (2 ≤ x  ,  y ≤ 1000).

Spesifikasi Keluaran

Keluarkanlah FPB dari x dan y !

Contoh Masukan dan Keluaran


Sumber

Soal Quiz dan Pretes Daspro

http://informatika.unpar.ac.id/

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama