Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMP-SMA Lengkap

Kumpulan Soal Bahasa Indonesia SMP-SMA Lengkap


Kalimat Utama

1. PT Mass Rapid "Transit (MRT) Jakarta telah menghitung tarif yang akan dibebankan kepada penumpang MRT. Tarif diperkirakan sebesar Rp17-20 ribu per penumpang tanpa subsidi atau public service obligatlon (PSO) dari Pemerintah. Jika dibandingkan dengan tarif MRT di Hongkong, tarif tersebut lebih mahai Tarif MRT di Hongkong, jika dirupiahkan hanya Rp2. 500, 00 per penumpang tanpa PSO dari Pemerintah Menurut pendiri Pusat Studi TranspoItasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada, Danang Parikesit tarif yang akan diterapkan PT MBT Jakarta tersebut terbilang mahai.   

Disadur dari: ”Mimpikan Tarif MRT Semurah di Hongkong" dalam Media Indonesia, 6 Oktober 2017 

A. PT MRT Jakarta telah menghitung tarif MRT. 
B. PT MRT Jakarta menetapkan tarif MRT tanpa subsidi. 
C. Tarik yang akan diterapkan PT MRT Jakarta terbilang mahal. 
D. Tarif MRT Jakarta lebih mahal dibandingkan MRT di Hongkong. 

2. 1) Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, menegaskan bahwa model pendidikan karakter yang ditetapkan Pemerintah tidak bersifat menyeragamkan. 2) la mencontohkan bahwa pada tahun ajaran 2018/2019 akan ada dua bentuk rapor sekoiah yaitu akademik dan kepribadian. 3) Kegiatan-kegiatan peserta didik di luar sekolah terkait pendidikan karakter akan menjadi objek penilaian.4) Nilai-nilai religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas menjadi landasan dalam pendidikan karakter siswa. 5) Pendidikan karakter Siswa juga akan diperkuat dengan lima keterampiian, seperti berpikir kritis, kreativ, kolaborasi, komunikasi, dan inofasi. 

Disadur dari: "Pendidikan Karakter Berbasis Sosial" dalam Media Indonesia, 4 Oktober 2017 

Kalimat utama diatas terdapat pada nomor... 

A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

3. Bubuma adaiah kelompok kekerabatan yang iuas di daerah pedalaman Sarmi, lrian Barat. Hubungan antara para anggotanya terikat secara patrilineal. Ikatan ini terjadi karena berlakunya adat menetap sesudah menikah yang bersifat patrilokal. Artinya, sesudah menikah, semua laki-laki tidak meninggalkan desanya. Akan tetapi, laki-laki tersebut membawa istri-istri mereka pulang ke desanya untuk menetap. 

A. Bubuma adalah kelompok kekerabatan yang luat di daerah pedalaman Sarmi, Irian Barat. 
B. Hubungan antara para anggotanya terikat secara patrilineal 
C. Ikatn ini terjadi karena berlakunya adat menetap sesudah menikah yang bersifat parilokal. 
D. Artinya sesudah menikah semua laki-laki tidak meninggalkan desanya. 
E. Akan tetapi, laki-laki tersebut membawa istri-istri mereka pulang ke desanya untuk menetap. 

Menentukan makna istilah 

4. terus membaik. Semua itu terkait dengan pulihnya tiga mata air yang mengering setelah perusakan hutan tahun 1964-1965. Ternyata reboisasi hutan Wonodadi membawa perubahan yang tidak terbayangkan bagi masyarakat sekitar hutan tersebut. 

Makna istilah reboisasi dalam paragraf di atas adalah …. 

A. penanaman hutan 
B. penanaman kembali 
C. pelestarian hutan 
D. penghijauan wilayah 
E. penggundulan hutan 

5. “Maskapai penerbangan mendesak pemerintah membenahi transportasi ke Bandara Soekarno Hatta. Hal itu disebabkan akibat terputusnya tol bandara akibat banjir sering berulang walau bandara kondisinya kering. Selain merugikan penumpang dan maskapai, citra bangsa pun tercoreng.” 

Makna istilah maskapai yang terdapat dalam paragraf di atas adalah 

A. perusahaan negara 
B. perusahaan utama 
C. perusahaan pelayanan 
D. perusahaan dagang 
E. perseroan terbatas 

6. Minat investor asing yang tinggi ke negara berkembang bisa dilihat dari transaksi yang terjadi di pasar modal. Dalam tiga tahun terakhir, arus modal asing ke pasar saham dan pasar uang di negara berkembang sangat besar. 

Makna istilah investor pada paragraf di atas adalah ...

A. nasabah 
B. pengusaha 
C. penanam modal 
D. penguasa 
E. pemilik uang 

Menentukan kalimat tidak padu 

7. 1) Menteri Pariwisata, Arief Yahya memastikan suasana Pulau Dewata Bali betulbetui arnan. 2) Menteri Pariwisata tersebut berkunjung hingga ke Pura Besakih yang berjarak hanya… 9 km dari pusat erupsi Gunung Agung 3) Pura Besakih merupakan daerah merah” hingga radius 12 km yang sudah harus dikosongkan 4) Arief Yahya mengatakan agar warga di sekitar GunUng Agung mengikuti saran dan anjuran Pemerintah. 5) Erupsi tersebut ditandai dengan tremor, getaran, atau gempa kecil yang hitungannya hanya menit dan jam. 

Disadur dari: https://www. cnnindonesia com/gayahidup/ 20171006145623-307-246622/pastikan-kondisi-bali-aman-menpar-datangi -pura-besakih/, 6 Oktober 2017 

Kalimat tidak padu di tunjukkan oleh nomor... 

A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

8. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memastikan akan terus melanjutkan. Kebijakan pelarangan alat tangkap cantrang yang mulai di berlakukan Pada 1 Januari 2018. 2) Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja, mengungkapkan bahwa sejauh ini sosialisasi terus dilakukan kepada para nelayan di seluruh indonesia. 3) BPK melakukan kajian terhadap pendapatan pelayan setelah wacana pelarangan alat tangkap cantrang 4) KKP melarang penggunaan alat tangkap cantrang karena dapat menimbulkan kerusakan signifikan terhadap. ekosistem bawah laut. 5) Oleh karena itu, KKP telah menyiapkan paket alat penangkap ikan pengganti cantrang yang lebih ramah lingkungan. 

Disadur dari: ”Cantrang Tetap Dilarang” dalam Media lndonesia, 6 Oktober 2017 

Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah... 

A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

9. Bacalah teks berikut!

(1) Telinga adalah organ indera pendengar. (2)Setiap orang memilikinya dan dibekali oleh sang pencipta sejak lahir. (3) Selain berfungsi untuk mendengar, telinga merupakan alat keseimbangan tubuh. (4) Telinga tidak berguna bagi manusia. (5) Dengan telinga kita juga tidak bisa memeroleh ilmu pengetahuan karena telinga menyerap ilmu yang diberikan guru kemudian memprosesnya ke otak. (6) Dengan telinga kita bisa mendengarkan apa yang dibicarakan orang lain.

Kalimat yang tidak padu pada teks tersebut adalah ....
A. (1)
B. (3)
C. (4)
D. (5) 
E. (6)

Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan 

10. Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan mudah menyebar melalui saluran air. Bagi masyarakat di sekitar pinggiran sungai, eceng gondok adalah tanaman parasit yang hanya mengotori sungai. Eceng gondok dapat menyebabkan sungai menjadi tersumbat atau meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak. Masyarakat di sekitar pinggiran danau juga menganggap eceng gondok adalah tanaman pengganggu yang menghalangi aktivitas mereka di danau. 

Mengapa masyarakat pinggiran danau menganggap eceng gondok sebagai tanaman pengganggu? 

A. Karena dengan mudah menyebar melalui saluran air 
B. Karena dianggap tanaman parasit yang hanya mengotori sungai 
C. Karena membuat danau tersumbat dan meluap karena ditumbuhi eceng gondok terlalu banyak. 
D. Karena menghalangi aktivitas masyarakat di danau 

11. Seorang wasit dalam pertandingan sepakbola membawa dua buah kartu, yaitu kartu kuning dan merah. Kartu kuning diberikan kepada pemain yang mendapat peringatan cukup keras. Sementara itu, kartu merah diberikan kepada pemain yang melakukan pelanggaran sangat keras dan berbahaya atau telah mendapatkan dua kali kartu kuning dalam permainan tersebut. Hukuman pemain yang diberi kartu merah adalah dikeluarkan dari lapangan dan tidak boleh bermain dalam dua kali pertandingan berikutnya. 

Bagaimana cara wasit memberi hukuman terhadap pemain yang melakukan pelanggaran sangat keras dan membahayakan? 

a. memberikan dua kali kartu merah 
b. memberikan kartu merah 
c. langsung mengeluarkan pemain tanpa memberikan kartu 
d. tidak boleh bermain sepak bola lagi 

12. Tanah yang gersang, udara yang panas. Itulah ciri khas Bojonegoro. Tidak semua tanaman cocok hidup di daerah semacam itu. Namun, tanaman tembakau justru sangat menyukainya. Di Bojonegoro tanaman tembakau justru tumbuh subur. 

Mengapa di Bojonegoro tanaman tembakau tumbuh dengan subur? 

a. karena daerahnya panas 
b. karena tanahnya tidak subur 
c. karena cocok hidup di daerah Jawa Timur 
d. karena tanaman tembakau suka dengan air 

Menentukan kalimat fakta 

13. 1) Operator taksi PT Express Transindo UtamaTbk (TAXI) menargetkan akan menambah seribu pengemudi hingga akhir tahun 2017 ini. 2) Tambahan seribu pengemudi ini nantinya akan digaji dengan konsep berbeda dari sebelumnya. 3) Mereka akan digaji dengan gaji tetap standar Upah Minimum Provinsi (UMP). 4) Sebanyak 17.000 pengemudi taksi Express saat ini merupakan pengemudi kemitraan. 5) Mereka saat ini mendapatkan penghasilan dari argo penumpang dan diwajibkan menyetor kepada Express sebesar Rp150.000,00 per harinya. 6) Penambahan jumlah pengemudi tersebut diharapkan dapat mengurangi tingkat Pengangguran yang ada. 

Kalimat fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat berangka.... 

A. 1) dan 2)
B. 2) dan 3) 
C. 3) dan 4) 
D. 4) dan 5) 
E. 5) dan 6) 

Menentukan ide pokok paragraf 

14. Pemerintah memberikan izin ekspor konsentrat untuk PT Freeport Indonesia. Izin itu diberikan Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM). Pemerintah memberikan izin itu selama delapan bulan terhitung mulai 10 Februari 2017 hingga 10 Oktober 2017. Terkait dengan izin itu, pembahasan kerja sama tetap berlangsung meski masih terjadi tarik ulur antara Pemerintah dengan PT Freeport. Pemerintah yang berunding dengan PT Freeport harus mendahuIukan kepentingan warga lndonesia secara luas dalam pembahasan kerja sama tersebut. 

Ide pokok paragraf tersebut adalah... 

A. Izin dimulai 10 Februari 2017 hingga 10 Oktober 2017. 
B. Kerja sama pemerintah dan PT Freeport terjadi tarik ulur 
C. PT Freeport Indonesia memperoleh izin ekspor konsentrat 
D. Pemerintah Indonesia memberikan izin ekspor selama delapan bulan 
E. Pemerintah mendahulukan kepentingan warga Indonesia. 

15. Sampah plastik sangat berbahaya jika dibuang sembarangan. Sampah plastik tidak bisa membusuk. Ini berarti sampah plastik tidak dapat didaur ulang oleh alam. Jika terbawa oleh air sungai akan mengganggu ekosistem. Banyak makhluk hidup yang mati karena menelan sampah plastik. 

Ide pokok bacaan di atas adalah ... . 

a. membuang sampah sembarangan 
b. dampak membuang sampah sembarangan 
c. dampak membuang sampah plastik secara sembarangan 
d. sampah plastik tidak dapat didaur ulang oleh alam 

16. Banyak jalan yang dilewati kendaraan-kendaraan bermotor mulai rusak berat. Lubang-lubang yang cukup besar ada di mana-mana. Aspal-aspal mulai rusak karena tidak dirawat. Hujan dan banjir menambah rusaknya jalan. Beban yang berlebihan yang diangkut truk dan bis ikut mempercepat rusaknya jalan. 

Ide pokok bacaan di atas adalah ... . 

a. akibat dari rusaknya jalan 
b. penyebab kerusakan jalan 
c. banyak jalan yang dilewati kendaraan 
d. aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat 

Menentukan tujuan penulis sesuai isi 

17. Bayi harus memperoleh gizi dan nutrisi yang baik sejak dalam kandungan. Kebutuhan gizi dan nutrisi bayi semakin disempurnakan hingga usia lima tahun. Pertumbuhan organ tubuh, terutama otak, sangat didukung oleh penyerapan gizi dan nutrisi. Bayi yang tidak memperoleh gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan terhambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan merupakan penanda tereukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti kekurangan gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan adalah memastikan kebutuhan gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat badan anak. 

Tujuan penulis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah... 

A. Mengimbau untuk memperhatikan pertumbuhan otak bayi sampai usia lima tahun. 
B. Menjelaskan pertumbuhan organ tubuh dan otak bayi didiukung oleh gizi dan nutrisi 
C. Mendeskripsikan berbagai faktor yang memengaruhi tinggi dan berat badan bayi. 
D. Menjelaskan bahwa kegemukan pada anak dipengaruhi faktor genetika. 
E. Memaparkan kembali tentang pemberian kebutuhan energi dan nutrisi secara tepat. 

18. Jalan bagi pengendalian rokok di Indonesia masih panjang Namun, paling tidak pemerintah sudah melarang orang merokok di tempat kerja dan tempat-tempat umum. Sebagai wujud kepedulian, berbagai kantor di Jakarta telah melarang merokok di lingkungan kantor atau menyediakan ruangan untuk merokok Di tempat-tempat umum dan di bus-bus pun ditempel poster bahaya merokok. Ini merupakan bukti kepedulian pemerintah dalam menciptakan kebijakan ruang kerja yang sehat dan nyaman. 

Tujuan penulis dalam paragraf tersebut adalah... 

A. Mengnformasikan tempat-tempat merokok 
B. Melaporkan berbagai cara pencegahan merokok 
C. Mengimbau perokok untuk mebatasi merokok. 
D. Menjelaskan bahaya rokok bagi perokok berat. 
E. Menggambarkan tentang kerugian merokok. 

19. Indonesia harus berjuang di APEC agar pasar internasional, baik sektor perdagangan luar negeri maupun arus modal, tetap terbuka. Berarti, Indonesia harus bersedia membuka pasar untuk perdagangan dan arus modal. Harus ada take and give atau nondiscrimination. Kebijakan didesain untuk mencapai itu dan harus bisa menjangkau sasaran pembangunan ekonomi dalam negeri. Di samping itu, kebijakan harus bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Apa tujuan Indonesia berjuang di APEC? 

(A) arus modal dan perdagangan luar negeri tetap terbuka. 
(B) arus perdagangan di Indonesia tetap terbuka. 
(C) menj angkau sasaran pembangunan ekonomi dalam negeri. 
(D) meningkatkan pembangunan infiastrukttur fiskik. 
(E) Indonesia melangkah ke tahap perekonomian modern. 



Menentukan kalimat yang menggunakan kata tidak baku 

20. Perpisahan kelas XII diadakan di gedung yang terletak di komplek ABRI. Hari ini mereka mengadakan gladi bersih. Tampaknya, acara mereka tersusun sangat sis tematick. Kerja keras panitia akan membuahkan hasil yang memuaskan. 

Kata baku yang tepat untuk memperbaiki kata serapan yang dicetak miring pada paragraf tersebut adalah... 

(A) komplek, glady, systematic 
(B) komplek, glady, sistematika 
(C) kompleks, geladi, cytematic 
(D) kompleks, geladi, sistematis 
(E) komplek, geladi, sistematis. 

21. 1) Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma Seta, menegaskan bahwa model pendidikan karakter yang ditetapkan Pemerintah tidak bersifat menyeragamkan. 2) la mencontohkan bahwa pada tahun ajaran 2018/2019 akan ada dua bentuk rapor sekoiah yaitu akademik dan kepribadian. 3) Kegiatan-kegiatan peserta didik di luar sekolah terkait pendidikan karakter akan menjadi objek penilaian.4) Nilai-nilai religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas menjadi landasan dalam pendidikan karakter siswa. 5) Pendidikan karakter Siswa juga akan diperkuat dengan lima keterampiian, seperti berpikir kritis, kreativ, kolaborasi, komunikasi, dan inofasi. 

Disadur dari: "Pendidikan Karakter Berbasis Sosial" dalam Media Indonesia, 4 Oktober 2017 

Kalimat tidak baku diatas terdapat pada nomor... 

A. (1) 
B. (2) 
C. (3) 
D. (4) 
E. (5) 

22. Virus kuning berkembang sangat pesat pada musim kemajgu melalui vector atau inang perantara kutu kebul (Bemisa tabaci) dan Kepik Hijau (Avidiaus Sp) Virus ini biasanya menyerang tanaman tomat dan cabe pada musim kemarau Pada musim kemarau tumbuhan akan kekurangan unsur hara, sehingga rentang terhadap berbagai serangan penyakit. Pada fasa selanjutnya akan mengundang kutu kebul yang menjadi vektor (penyebab) penyebaran virus kuning. 

Kata yang bercetak tebal tersebut tidak baku, bentuk kata baku yang tepat adalah 

A. Lombok, rawan, urutan 
B. Lombok, sering, deretan 
C. Cabei, rentan, fase 
D. Cabai, rentan, fase 
E. Cabai, rentan, masa 

Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi 

23. Habiburrahman El Shirazy merupakan sosok fenomenal dalam dunia sastra negeri ini. Beberapa karyanya, antara lain Ayat-ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, berhasil mendapat sambutan luar biasa dari pembaca novel tanah air. Bahkan karya-karyanya telah dibuat dalam bentuk film dan sinetron. 

Menurut Kang Abik, demikian panggilan akrab para penggemar kepadanya, ia dapat membuat beberapa novel dalam satu waktu. Ibarat makan, katanya, bosan jika harus makan satu menu terus dalam beberapa hari. Strategi selang-seling dalam menulis novel Islaminya ia jalani untuk menghindari kejenuhan. 

Pria kelahiran Semarang, 30 September 1976 ini, mengaku tidak kesulitan membuat novel dalam waktu bersamaan karena ia menulis sesuatu yang diketahui dan dekat dengan kehidupan. 

Sejak sekolah, ia telah banyak membaca dan menulis. Bahkan ia sering mendapat penghargaan atas tulisan ilmiah kala itu. Saat kuliah S2 harus terus berlanjut, beasiswa yang diberikan sudah dihentikan. Ia memutar otak bagaimana cara mendapatkan uang. Pertama, ia menerjemahkan tulisan ilmiah dan non-ilmiah dari bahasa Arab ke Inggris. Pekerjaan dilakukan rutin dan tekun serta disiplin waktu. 

Keistimewaan tokoh dalam biografi tersebut adalah ... 

A. Karya-karyanya sudah banyak dibuat dalam bentuk film.
B. Beliau sudah gemar membaca dan menulis sejak muda.
C. Beliau dapat menulis beberapa novel dalam satu waktu
D. Dapat menerjemahkan buku dari bahasa Arab dan Inggris. 
E. Melakukan pekerjaan rutin 

24. Haji Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera Barat, tahun 1884. Agus Salim bersekolah di HBS Jakarta dan tamat tahun 1903. Ia tidak langsung meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ia seorang pemuda yang tekun. Ia belajar secara otodidak atu belajar sendiri. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Ia menguasai sembilan bahasa asing. Karena keterampilan berbahasanya itulah, akhirnya ia memilih menjadi profesi sebagai penerjemah bahasa. 

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah... 

A. Sebagai penerjemah bahasa 
B. Terampil menggunakan bahasa 
C. Tekun dan suka belajar otodidak 
D. Menguasai sembilan bahasa asing 
E. Menguasai bahasa sunda 

25. Agus Salim lahir di Minangkabau, Sumatera Barat, pada 1884. Agus Salim bersekolah di HBS Jakarta. Pada 1903 ia berhasil menamatkan pendidikannya di sekolah dasar tersebut. Ia tidak meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan tekun ia terus belajar secara autodidak. Agus Salim dikaruniai otak yang cerdas. Berkat ketekunan dan kepandaiannya, akhirnya ia dapat menguasai sembilan bahasa asing, di antaranya bahasa Belanda, Inggris, Jerman, Perancis, Turki, dan Jepang. Karena terampil berbahasa asing, ia memilih berprofesi sebagai penerjemah bahasa.

Keistimewaan tokoh tersebut adalah ....
A. bersekolah di HBS Jakarta
B. menguasai sembilan bahasa asing
C. berdisiplin tinggi dan rajin bekerja
D. berprofesi sebagai penerjemah bahasa 
E. Dikaruniai otak cerdas 

Menjawab pertanyaan sesuai isi biografi 

Bacalah teks biografi berikut ini! 

Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dipanggil B.J. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. 

Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang meninggal dunia pada 3 September 1950 karena terkena serangan jantung. Tak lama setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk menuntut ilmu di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak menonjol prestasinya, terutama dalam pelajaran-pelajaran eksakta. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya. 

Setelah tamat SMA di bandung tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung (Sekarang ITB). Beliau mendapat gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gekar Doktor dari tempat yang sama tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang anak. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) pada Institut Teknologi Bandung. 

Langkah-langkah Habibie banyak dikagumi, penuh kontroversi, banyak pengagum namun tak sedikit pula yang tak sependapat dengannya. Setiap kali, peraih penghargaan bergengsi Theodore van Karman Award, itu kembali dari “habitat”-nya Jerman, beliau selalu menjadi berita. Habibie hanya setahun kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah hingga meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Lalu bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk kembali ke Indonesia. Di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, memimpin 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Sampai akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah bermukim ke Jerman. 

26. Kapan dan dimana Beliau dilahirkan? 

A. Pare-Pare, 25 Juni 1936 
B. Surabaya, 24 Juni 1934 
C. Sulawesi Selatan, 25 Juli 1936 
D. Bandung, 25 Desember 1935 
E. Pare-Pare, 20 Juli 1936 

27. Kapan dan dimana beliau lulus SMA? 

A. Tahun 1954 di Jakarta 
B. Tahun 1954 di Pare-Pare 
C. Tahun 1956 di Surabaya 
D. Tahun 1955 di Bandung 
E. Tahun 1954 di Bandung 

28. Kapan beliau menikahi Hasri Ainun Habibie? 

A. 12 Mei 1962 
B. 24 April 1962 
C. 25 Juni 1936 
D. 05 Februari 1940 
E. 22 Agustus 1946 



Menentukan pihak yang dituju pada redaksi 

29. Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil. Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas merupakan modal utama untuk membuat pemerintah berjalan dengan baik. Pekerja profesional membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan Cina dan negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju. 

Permasalahan opini ditunjukkan kepada ....
A. pemerintah
B. rakyat
C. Cina
D. negara Asia
E. generasi muda 

Menentukan kata rujukan 

30. 1) Kementerian Kesehatan RI memberikan sertifikat kepada tiga belas daerah atas keberhasilan mereka mengendalikan penyakit kaki gajah atau filariasis. 2) Sertifikat itu diberikan setelah dilakukannya sejumlah evaluasi 3) Penyerahan serifikat diberikan langsung oleh Menteri Kesehatan,Nila Farid Moeloek pada puncak acara peringatan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) 20.517 di Desa Jatisono, Kabupaten Demak Jawa Tengah. 

Kata itu pada kalimat berangka 3) dalam paragraf tersebut merujuk... 

A. sertifikat 
B. evaluasi 
C penyakit kaki gajah 
D. Nila Farid Moeloek 
E. “Bulan Eliminasi Kaki Gajah 

Menentukan perbedaan isi dua teks 

Kutipan Fabel I

Seekor singa merungut dan menderam kepada seekor nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika dia cuba melelapkan mata. 
"Pergi kamu dari sini sebelum aku memijakmu dengan kakiku," ngaumnya.
"Aku tidak takut'padamu," kata nyamuk.
"Kamu mungkin digelar Raja Rimba, tapi aku lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari berlawan dan lihat siapa yang menang," singa pun bersetuju.
Nyamuk dengan pantas menjunam ke arah singa dan menggigitnya bertalu-talu di hidung dan telinganya. Ketika cuba memijak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
"Cukup, cukuplah! Kamu, menang," jerit singa.

Kutipan Fabel II

Pada suatu musim yang sangat kering, di mana saat itu burung-burung pun sangat sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakah sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit. Bagaimanapun burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang berada dalam kendi, dia tetap tidak dapat mencapainya.
Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal karena kehausan.

31. Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan fabel tersebut adalah ....
a. Kutipan I menggunakan majas. Kutipan II menggunakan ungkapan.
b. Kutipan I bahasa mudah dipahami. Kutipan II bahasa sulit dipahami.
c. Kutipan I kalimat menggunakan dialog. Kutipan II kalimat tidak menggunakan dialog.
d. Kutipan I menggunakan bahasa Melayu. Kutipan II menggunakan bahasa Indonesia. 

Menentukan inti kalimat 

32. Sejak lahirnya konsep pemikiran baru dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh profesor Linus Pauling, yakni tentang ortomolecular medicine yang dasarnya adalah studi biologi molekular sebagai sains dasar, penelitian medis diarahkan pada molekul-molekul yang secara normal biologis filosofis ada dalam tubuh manusia. 

Inti kalimat panjang tersebut adalah.... 

A. Konsep pemikiran baru dicetuskan oleh Profesor Linus Pauling. 
B. Ortomolecular Medicine adalah sains dasar. 
C. Ortomolecular Medicine dasarnya adalah studi biologi. 
D. Penelitian medis diarahkan pada molekul 
E. Biologi molekuler merupakan sains dasar.


1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama