Xiaomi Mi A1 Baterainya Cepat Habis ? Hoax

Xiaomi Mi A1 Baterainya Cepat Habis ? Hoax



Xiaomi Mi A1, meskipun sudah tidak diproduksi kembali, namun smartphone besutan Xiaomi masih  menjadi smartphone favorit banyak kalangan. Banyak sekali reviewer yang telah me-review smartphone ini. Kebanyakan poin yang diutarakan bernilai positif. Namun, ada juga yang jadi korbannya. Ya, baterai.

Banyak reviewer di website manapun dari blog hingga Youtube yang secara cepat menyimpulkan bahwa baterai Xiaomi Mi A1 itu sangat jelek. Sangat jelek karena kapasitasnya yang tergolong kecil. Apakah benar seperti itu ?

Saya bisa katakan reviewer yang mengatakan seperti itu betul-betul tidak paham soal baterai samrtphone. Itu saja. Website atau video itu sudah hukumnya Hoax atau bohong.

Mengapa saya berani mengatakan seperti itu ?



Saya berani mengatakan hal tersebut karena kapasitas baterai itu tidak menentukan daya tahan baterai. Buktinya, anda dapat melihat produk Apple, Iphone SE yang memiliki daya kapasitas 1624mAh yang rupanya dapat bertahan dengan waktu selama 73 jam dalam standby. Selain itu, Xiaomi Mi 5 yang memiliki kapasitas 3000mAh yang ternyata mendapatkan skor impresif 92 jam dalam daya tahannya. Hal itu terjadi karena penggunaan chipset, tipe layar, dan ukuran layar yang dipakai.

Biasanya tipe layar LTPS IPS LCD memiliki daya penggunaan baterai yang bisa dikatakan efisien. Kemudian ukuran layar juga menentukan daya tahan baterai smartphone.

Xiaomi Mi A1 pada realitanya mendapatkan skor yang cukup baik dengan waktu 87 jam standby. Skor yang sangat mengejutkan ini terjadi karena chipset yang memang dirancang untuk efisiensi daya energi baterai yang mengakibatkan konsumsi baterai lebih hemat dan masih bisa menawarkan performa yang memukau. Berterima kasilah kepada Qualcomm Snapdragon 625 yang memiliki chipset super hemat daya. Selain itu, Android stock yang digunakan Mi A1 tidak mengandung bloatware sama sekali yang berarti task background apps pun sedikit.

Berikut perbandingan daya tahan baterai Xiaomi Mi 5, Iphone SE, dan Xiaomi Mi A1, bedasarkan lansiran GSMArena





Karena hal itulah, Xiaomi Mi A1 masih menjadi superior dalam daya tahan baterai meski kapasitasnya kecil.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama