5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Tahun 2019

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Tahun 2019



Kamera ttidak dielakkan menjadi salah satu fitur utama yang diperhatikan pengguna ketika membeli smartphone. Meski hasilnya belum mampu mengalahkan jepretan perangkat kamera manual seperti DSLR, Mirrorless DSLR, smartphone dapat menjadi alternatif pengguna untuk mengabadikan momen tertentu dalam bentuk portabilitas yang tinggi. Selain itu, banyak vendor bersaing untuk menentukkan smartphone mana yang paling baik dikelasnya.

Kini berbagai vendor smartphone pun menyajikan kamera dengan teknologi yang mutakhir. Tak ayal jika kualitas jepretannya cukup bisa diandalkan, dan beberapa perangkat dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik.

Berikut 5 Smartphone dengan Kamera Terbaik di Tahun 2019--termasuk Camera Phone of The Year. List dalam blog ini sewaktu-waktu akan berubah ( di-update ) sesuai dengan perilisan smartphone dan dukungan situs benchmark Kamera, DxOMark dan beberapa referensi dari GSMArena.


1. Samsung Galaxy S10 5G




Samsung Galaxy S10+ versi 5G merupakan smartphone baru yang dirilis pada awal Maret 2019. Smartphone ini mengusung empat kamera dengan masing-masing resolusi kamera masing-masing 12 MP, 12 MP, 16 MP, dan TOF Camera. Masing-masing kamera ini memiliki fungsi yang berbeda. 12 MP pertama bertugas menjadi wide sensor dan kamera utama dengan bukaan f/1.5 hingga f/2.4. 12 MP selanjutnya menjadi sensor telephoto dengan bukaan f/2.4. 16 MP menjadi ultrawide dengan bukaan f/2.2. Kamera ini memiliki OIS dan EIS yang memungkinkan untuk merekam video dengan stabil.

Untuk selfie, Samsung Galaxy S10 5G mengusung 2 kamera dengan resolusi 10MP dan 10MP.

Smartphone ini diberi nilai 112 untuk kamera belakang dan 97 untuk kamera selfie oleh laman benchmark kamera--DxOMark. Mereka berdalih dengan peningkatan image processing dengan prosesor yang memumpuni, Samsung Galaxy S10 5G ini mampu membuka tahun dengan kamera yang fantastis dan karena jumlah kamera bertambah, maka image processing menjadi leih mutakhir dibandingkan seri S10+ 4G.

Untuk membeli S10 5G, anda harus membayar 16 juta rupiah untuk seri terendah karena S10 5G ini merupakan smartphone 5G.

2. Samsung Galaxy S10+ 4G



Samsung Galaxy S10+ ( termasuk S10 dan S10e ) merupakan smartphone baru yang dirilis pada awal Maret 2019. Smartphone ini mengusung tiga kamera dengan masing-masing resolusi kamera masing-masing 12 MP, 12 MP, dan 16 MP. Masing-masing kamera ini memiliki fungsi yang berbeda. 12 MP pertama bertugas menjadi wide sensor dan kamera utama dengan bukaan f/1.5 hingga f/2.4. 12 MP selanjutnya menjadi sensor telephoto dengan bukaan f/2.4. 16 MP menjadi ultrawide dengan bukaan f/2.2. Kamera ini memiliki OIS dan EIS yang memungkinkan untuk merekam video dengan stabil.

Untuk selfie, Samsung Galaxy S10+ mengusung 2 kamera dengan resolusi 10MP dan 8MP. Pengecualian bagi S10 dan S10e yang mengusung kamera depan tunggal.

Smartphone ini diberi nilai 109 untuk kamera belakang dan 96 untuk kamera selfie oleh laman benchmark kamera--DxOMark. Mereka berdalih dengan peningkatan image processing dengan prosesor yang memumpuni, Samsung Galaxy S10+ ini mampu membuka tahun dengan kamera yang fantastis.

Untuk membeli S10+, anda cukup membayar 14 juta rupiah untuk seri terendah. Untuk versi lainnya ( S10 dan S10e ), uang 10,5 juta sudah bisa membawa pulang flagship andalan besutan Samsung.

3. Huawei P30 Pro



Tahun ini juga, Huawei pun tak kalah merilis smartphone dengan camera-oriented--Huawei P30 Pro dan Huawei P30. Huawei P30 Pro ini mendapakan skor yang sangat tinggi dan tidak terbayang teknologi yang dia buat. Menurut laman DxOMark sebagai laman benchmark kamera, Huawei P30 Pro mendapatkan skor 112 untuk Kamera Belakang dan 89 untuk Kamera Depan--Selfie.

Huawei P30 Pro ini memiliki 4 buah kamera belakang dimana terdiri dari 40MP sebagai kamera utama, 20MP Kamera untuk ultrawide, 8MP sebagai periscope camera, TOF 3D Camera. Untuk kamera depannya, terdapat 1 kamera saja--32MP yang dapat melakukan wide-camera.

Untuk harganya, P30 Pro dibanderol dengan harga 13 juta rupiah.

4. Xiaomi Mi 9



Lagi-lagi, Xiaomi membuka tahun 2019 dengan merilis Mi 9 yang sangat elegan. Xiaomi Mi 9 ternyata mengusung format tiga kamera yang diletakkan seperti Iphone XS. Tidak punya fingerprint secara fisik--seperti adaptasi Samsung Galaxy Note9, namun masih mengusung in-display fingerprint seperti Mi 8. 

Kamera Mi 9 memiliki spesifikasi 48MP, 16MP, dan 12MP. Kamera 48MP memiliki fungsi sebagai kamera utama dengan bukaan f/1.8 dengan teknologi Quad-Pixel--teknologi upscalling resolusi dari 48MP dan dikompress menjadi 12MP. 16MP sebagai kamera ultrawide dengan bukaan f/2.2. 12 MP sebagai kamera telephoto.

Untuk Selfie, Mi 9 mengusung single camera format dengan resolusi 20MP. Kamera ini dipersenjatai dengan dukungan HDR.

Smartphone ini memiliki skor untuk kamera belakang sebesar 107 dengan estimasi kamera depan kurang lebih 85-89 ( asumsikan chipset lebih bagus--Snapdragon 855--dengan jumlah kamera Mi Mix 3 yang berjumlah 2 yang bernilai 84 dan bukan hasil dari DxOMark ). Mereka berdalih bahwa Mi 9 sangat meningkatkan kinerja algoritma image processing dari pendahulunya--Mi 8--dengan gambar yang tajam tiap sisinya.

Untuk membeli Xiaomi Mi 9, anda cukup membelinya dengan harga 7 - 8 juta. Mengingat Mi 9 ini tidak masuk ke Indonesia ( belum ada kabar ), harga mungkin saja di-mark up hingga 9 - 11 juta.


5. Google Pixel 3 dan 3 XL ( Camera of The Year 2018 )



Sensor Kamera Google Pixel 3 ini mampu memukau siapapun yang menggunakannya. Fitur Night Sight--Mode kamera yang memungkinkan memotret objek di lingkungan yang sangat gelap dan memberikan warna, eksposur, texture, brightness yang terang--yang ajaib ini membuat semua vendor smartphone kewalahan.

Karena kehebatan inilah, DxOMark memberi nilai smartphone ini dengan skor impresif 101--mengingat hanya satu kamera--dan 92 untuk Selfie Cam. Hal yang membuat skor ini tinggi adalah algoritma yang Google persenjatai yang tidak main-main. Mereka mampu menghidupkan palette kontras warna dengan sempurna yang akibatnya menghasilkan warna yang natural.

Harga Google Pixel 3 sekitar 13 juta untuk seri 4/64GB. Untuk Google Pixel 3 XL sekitar 15 juta untuk seri 4/64GB. Ingat, Google Pixel 3 dan 3 XL tidak masuk Indonesia dan hanya lewat BM atau Online Shop untuk mendapatkannya.

Sumber

DxOMark

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama