5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Tahun 2018

5 Smartphone dengan Kamera Terbaik Tahun 2018


Kamera tak dielakkan menjadi salah satu fitur utama yang diperhatikan pengguna ketika membeli smartphone. Meski hasilnya belum mampu mengalahkan jepretan perangkat kamera, smartphone dapat menjadi alternatif pengguna untuk mengabadikan momen tertentu.

Kini berbagai vendor smartphone pun menyajikan kamera dengan teknologi yang mutakhir. Tak ayal jika kualitas jepretannya cukup bisa diandalkan, dan beberapa perangkat dinobatkan sebagai smartphone dengan kamera terbaik.

1. Google Pixel 3 dan Google Pixel 3 XL



Hands Down, Google Pixel 3 adalah camera smartphone terbaik di tahun 2018

Sensor Kamera Google Pixel 3 ini mampu memukau siapapun yang menggunakannya. Fitur Night Sight--Mode kamera yang memungkinkan memotret objek di lingkungan yang sangat gelap dan memberikan warna, eksposur, texture, brightness yang terang--yang ajaib ini membuat semua vendor smartphone kewalahan.

Karena kehebatan inilah, DxOMark memberi nilai smartphone ini dengan skor impresif 101--mengingat hanya satu kamera--dan 92 untuk Selfie Cam. Hal yang membuat skor ini tinggi adalah algoritma yang Google persenjatai yang tidak main-main. Mereka mampu menghidupkan palette kontras warna dengan sempurna yang akibatnya menghasilkan warna yang natural.

Harga Google Pixel 3 sekitar 13 juta untuk seri 4/64GB. Untuk Google Pixel 3 XL sekitar 15 juta untuk seri 4/64GB. Ingat, Google Pixel 3 dan 3 XL tidak masuk Indonesia dan hanya lewat BM atau Online Shop untuk mendapatkannya.

2. Huawei P20 Pro



Kalo kamu pikir samsung itu adalah juaranya itu salah besar loh. Iya benar memang, Super Slow Motion yang Samsung berikan membuat kalian terpukau sampai ketika kalian memiliki smartphone besutan Huawei satu ini.

Huawei P20 Pro ternyata sudah "pecundangi" kamera Samsung yang sudah begitu ciamik. Kok bisa sih ?

Menurut laman DxOMark, skor kamera ini melewati ekpetasi seluruh fans Samsung dan Iphone. Huawei P20 Pro ternyata mencetak skor 109 dalam penilaian dari 2000 sampel foto yang diuji. Skor ini lebih tinggi 10 skor dari Samsung Galaxy S9+.

Apa yang membuat smartphone ini begitu wah ? Ternyata dengan mengusung tiga lensa kamera sekaligus dengan resolusi yang tak main-main. Mengusung 40MP RGB + 20 Monocromatic Lens + 8 Telepotho Lens mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang tidak kalah dengan DSLR. Selain itu, Huawei bisa merekam super-slowmo layaknya S9 Plus.

Sayangnya, Selfie di Smartphone ini tidaklah bagus. DxOMark memberikan skor 72 untuk Selfie Cam. Hal inilah yang justru Huawei harus turun tahta sebagai kamera terbaik.

Harga Huawei P20 Pro adalah sekitar 8 jutaan. Turun harga karena Huawei Mate 20 Pro.

3. Samsung Galaxy Note 9





Raja smartphone full-layar dan pembisnis bertengger pada posisi ketiga sebagai kamera smartphone terbaik. Meskipun Note9 bukan untuk berfoto--hanya untuk kalangan pembisnis yang serba stylus--nyatanya samsung memberikan kenyamanan tersendiri dalam dunia fotografi. 

Macam banyak fitur yang ditawarkan Samsung pun banyak. Mulai dari Wide Angle, Mode Super-Slowmo, Advnaced Bokeh, hingga Stylus Controlled Snap. Image processing dari Note9 sudah tidak diragukan lagi. Note9 mampu menyeimbangkan keberadaan warna objek yang ditangkap dengan baik. Sehingga tidak timbul efek blue-ish atau purple-ish.

DxOMark pun memberikan skor 103 untuk Dual-kamera belakang dan 92 untuk Selfie-Cam.

Harga Samsung Galaxy Note 9 sekitar 13 - 18 jutaan tergantung varian.

4. Xiaomi Mi MIX 3





Bila merek Oddo--Oppo--sudah memperkenalkan Find X yang dimotorisasi otomatis kameranya yang padahal smartphonennya fragile--gampang pecah--, maka MI MIX 3 ini adalah versi manual slider. Desainnya mirip ponsel slide yang dulu sempat booming--Nokia N95. Ternyata dengan menggunakan teknik sliding phone, mereka mampu meninggikan rasio layar hingga 90 persen lebih dan meletakkan kamera depan di slider tersebut.

Xiaomi MI MIX 3 ini sudah dibekali AI Mode, Night Mode--Mirip Night Sight, HDR, dan Wide Angle yang mengagumkan. Selain itu, image processing MIX 3 ini sudah sangat bagus hingga memberikan kualitas foto yang terkesan natural.

Karena inilah, DxOMark memberikan skor 103 untuk Dual-kamera belakang dan 84 untuk Selfie Cam.

Harga Xiaomi Mi MIX 3 berkisar 7 - 9 juta. Tetapi karena tidak masuk Indonesia, maka harga bisa dimark-up hingga 14 juta.

5. Huawei Mate 20 Pro




Akhir 2018, publik digegerkan oleh smartphone buatan Huawei lagi yang gila. Mate 20 Pro. Smartphone penerus Mate 10 Pro ini memiliki kamera belakang yang sangat tangguh. Klaim mereka--Huawei--smartphone ini akan melampaui P20 Pro untuk kualitas gambar dengan Advanced AI Mode.

Nyatanya, tidak juga.

Mate 20 Pro hanya diberi skor sama dengan P20 Pro dengan nilai 109 untuk kamera Belakang dan 75 untuk Selfie-Cam oleh laman benchmark kamera, DxOMark. Mereka--DxOMark--berdalih bahwa Mate 20 Pro hanya meningkatkan sharpness dan crispness beserta kecepatan image processing saja. Untuk hal lainnya relatif sama terhadap P20 Pro. Selain itu, Mate 20 Pro juga tersedia mode Night Mode.

Harga Mate 20 Pro berkisar 9 - 13 juta.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama