Latihan Soal Pemodelan Untuk Komputasi : Selection dan Fungsi If-Else 1

Latihan Soal Pemodelan Untuk Komputasi : Selection dan Fungsi If-Else 1



1. Anak-anak wombat di SD Wombat Land sedang belajar mengenai bilangan bulat. Guru mereka mengajarkan cara untuk mengidentifikasi bilangan bulat, apakah bilangan yang diberikan adalah 0, bilangan genap positif, bilangan ganjil positif, atau bilangan negatif. Jika guru memberikan sebuah bilangan bulat x, tentukan termasuk bilangan apakah x tersebut! 

2. Menteri Pariwisata di Wombat Land baru saja membuka kompleks wisata. Dalam kompleks tersebut terdapat 3 tempat wisata, yaitu Theme Park, Sea World, dan Trick Eye Museum. Daftar harga tiket masuknya adalah sebagai berikut. 



** Child: anak di bawah 12 tahun, Senior: 60 tahun ke atas 

Jika seekor wombat berusia x memasuki tempat wisata tWisata, tentukan harga tiket masuk yang harus ia bayar! 

3. Pergerakan bidak benteng pada catur dianggap sah jika perpindahannya sejajar horizontal atau vertikal. Perhatikan gambar berikut. 


Jika x merupakan posisi bidak secara horizontal dan y merupakan posisi bidak secara vertikal, tentukan apakah perpindahan bidak benteng dari x1y1 ke x2y2 sah! Jika sah, tentukan juga ke mana bidak tersebut berpindah, ke kanan, kiri, maju, atau mundur (asumsikan bidak maju jika nilai y membesar).

4. Sama seperti soal dengan nomor 3, tetapi tentukanlah posisinya dan keabsahannya jika bidak Benteng diganti dengan bidak mentri ! ( Bidak Mentri selalu diagonal )

5. Sebuah universitas di Wombat Land membuka tahun ajaran baru. Salah satu syarat pendaftaran untuk calon mahasiswa adalah mengikuti tes IELTS. Calon mahasiswa yang diijinkan mendaftar adalah mereka yang memenuhi salah satu syarat sebagai berikut. 

  • Nilai reading, writing, speaking, dan listening masing-masing minimal 6.5 
  • Nilai reading dan writing masing-masing minimal 8 
  • Nilai speaking dan listening masing-masing minimal 7.5 

Jika seekor wombat mendaftar dan memiliki nilai IELTS r untuk reading, w untuk writing, s untuk speaking, dan l untuk listening, tentukan apakah ia boleh mendaftar atau tidak! 



6. Angkatan laut Wombat Land memiliki aplikasi baru untuk mendeteksi kapal perang mereka. Aplikasi ini menampilkan posisi kapal perang di bidang kartesian, dimana titik (0,0) adalah menara pendeteksi. Jika kapal perang berada di titik x, y, tentukan di kuadran berapa kapal perang tersebut berada! Perhatikan bidang kartesian berikut. 




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama