Pengantar Logika : Kumpulan Contoh Kasus Metode Mill, Probabilitas, dan Kausalitas

Pengantar Logika : Kumpulan Contoh Kasus Metode Mill, Probabilitas, dan Kausalitas



METODE MILL 

Petunjuk Khusus no 1-6 : 

a. Buatlah tabel ! 
b. Menentukkan penyebab yang mungkin ! 
c. Metode Mill Apa yang digunakan ?



Kasus 1: KORUPSI 

Ketika diinterogasi oleh pihak kejaksaan, dari lima tersangka korupsi, tersesangka pertama mengakui bahwa ia memiliki banyak tanggungan anak, memiliki istri lebih dari satu dan ingin hidup mewah. Tersangka kedua juga mengakui bahwa puya banyak tanggungan anak, ingin memiliki materi berlimpah, dan ingin hidup mewah. Tersangka ketiga mengatakan ia ingin hidup mewah, punya kebiasaan berjudi dan memiliki istri lebih dari satu. Demikian halnya tersangka keempat juga melakukan kbiasaan berjudi, ingin hidup mewah dan memiliki materi berlebih. Terseangka kelima juga mengatakan bahwa ia memiliki banyak tanggungan anak dan ingin hidup mewah.

Apakah penyabab yang mungkin seseorang melakukan korupsi? 



Kasus 2: PENYAKIT EBOLA 

Para ahli sependapat bahwa penyakit ebola hanya bisa ditularkan melalui perantaraan lalat tsetse, dan tidak ada perantaraan lain serta faktor lain yang dapat menjadi penyebaran virus ebola. Saat ini, banyak orang yang takut untuk hidup bersama penderita ebola karena takut akan tertular melalui kontak fisik maupun kontak tidak langsung. Untuk menguji kebenaran dari cara penyebaran virus ebola, diadakanlah penelitian menggunakan 3 ekor monyet (salah satu monyet menderita ebola) yang ditaruh di dua tempat terpisah, dengan perlakukan antara lain: salah satu monyet ditaruh di ruangan yang diisi lalat tsetse yang telah menjadi carrier virus ebola, sedangkan monyet lainnya ditaruh di ruangan lain dengan monyet yang telah terinfeksi virus ebola. Setelah pengamatan selama 10 hari, monyet yang ditaruh di ruangan yang berisi lalat tsetse carrier positif menderita ebola, sedangkan monyet sehat yang ditaruh di ruangan bersama monyet penderita ebola tidak terjangkit virus ebola, walaupun setelah senggang waktu tersebut, monyet penderita ebola meninggal di ruangan yang sama dengan monyet sehat.

Apa yang bisa disimpulkan dari percobaan tersebut ? 



Kasus 3: UJIAN PIANO 

Lima murid les piano, tidak lulus ujian piano dasar ke 2. Murid 1 mengatakan bhwa ia sama sekali tidak berbakat, datang terlambat sewaktu ujian, malas latihan di rumah dan tidak mengerjakan tugas. Murid 2 mengatakan bahwa ia datang terlambat sewaktu ujian bersama murid 3 dan kelima tetapi tidak malas latihan walalu tidak pernah mengerjakan tugas sama sekali dan tidak berbakat. Murid ketiga mengatakan bahwa selain malas latihan, ia juga sama sekali tidak berbakat. Murid keempat berkata bahwa ia meski tidak terlambat waktu ujian, tetapi sama sekali tidak berbakat dan tugas tidak dikerjakan. Murid kelima mengakui bahwa ia malas latihan, datang terlamabat dan memang sama sekali tidak berbakat. Sementara dua murid yang lulus ujian Piano dasar ke dua, yang pertama mengatakan bahwa ia meski datang terlambat waktu ujian dan malas melakukan latihan, ia mengerjakan tugas. Murid kedua mengatakan bahwa ia sama sekali tidak terlambat, meski selalu mencoba latihan tetapi tugas tidak pernah dikumpulkan.

Kira-kira apa yang menyebabkan mereka tidak lulus ujian ? 



Kasus 4: SAKIT GIGI 

Sejumlah orang yang mengalami sakit gigi meminum obat yang berbeda untuk mengatasi sakit giginya. Pasien A meminum ibuprofen dan parasetamol dan antibiotik, sakit giginya tidak hilang. Pasien B meminum ibuprofen dan asam mefenamat dan antibiotik, sakit giginya hilang. Pasien C meminum parasetamol dan asam mefenamat dan antibiotik, sakit giginya hilang. Pasien D meminum antibiotik dan asam mefenamat dan ibuprofen, sakit giginya hilang. Pasien E meminum antibiotik dan parasetamol dan ibuprofen, sakit giginya tidak hilang. Pasien F meminum antibiotik dan ibuprofen dan parasetamol, sakit giginya tidak hilang. Pasien G meminum antibiotik dan parasetamol, sakitnya tidak hilang. Pasien H meminum ibuprofen dan parasetamol, sakitnya tidak hilang. Pasien I meminum parasetamol dan mefenamat, sakitnya hilang.

Obat apa yang membuat sakit gigi pasien hilang ? 



Kasus 5: SIKAP JUJUR 

Sekelompok mahasiswa kos kompleks Anggrek di jalan Ciumbulueit 59 bersikap jujur, disiplin, dan selalu tepat bayar uang kos. Mereka dipercaya untuk menambah masa waktu sewa kos, mendapatkan keringan dalam pembayaran, dan mendapatkan kepercayaan tinggi dari pemilik kos. Sekelompok mahasiswa kos kompleks Buni pada di jalan Ciumbuleuit 58 bersikap jujur selalu tepat waktu bayar uang kos. Mereka diperccay untuk menambah masa waktu menywa kos serta mendapatkan keringan dalam pembayaran.

Manakah sebab yang paling mungkin membuat penghuni kost itu mendapatkan kepercayaan tinggi dari pemilik kost ? 



Kasus 6: MEMBACA 

Sejumlah anak yang memakai kacamata ditanya tentang kebiasaan membaca dan menonton TV. Hasilnya adalah sebagai berikut. 

Shinta setiap hari membaca komik selama 1 jam, majalah dan menonoton TV dan kaca matanya minus 0,75. Edo membaca ensiklopedia anak, menonton TV dan komik selama 1, 5 jam setiap harinya dan memakai kacamata dengan minus 1. Klara sangan suka menonton TV, membaca buku cerita dan komik selama 2 jam setiap harinya dan berkacamata minus 1, 75. Vina setiap hari membaca majalah anak, komik selama setengah jam, dan ensiklopedia anak dan memakai kacamata dengan minus 0,5. Leona membaca buku cerita dan komik selama 1, 5 jam setiap harinya dan berkacamata minus 1. Pedro menonton TV, ensiklopedia anak, dan membaca komik selama 2 jam setiap harinya dan kacamatanya berminus 2.

Apa yang bisa disimpulkan dari kasus di atas ? 



PROBABILITAS 

A, B, C, D, E adalah Toko Perhiasan di Kota Pada Gembira, yang sama-sama menjual berbagai jenis Batu Akik (misalnya Batu Akik Bacan, Kalsedon, Safir, Topaz). Jika Toko Perhiasan A, B, C, D ramai dikunjungi pembeli, ada kemungkinan Toko E juga ramai dikunjungi pembeli. 

a) Jika kesamaan sifat yang ada bukan hanya itu, melainkan juga ada beberapa kesamaan sifat lain dari kelima Toko Perhiasan tersebut yakni: semuanya sama-sama menjual beragam jenis Batu Akik, sama-sama suka promosi di media sosial, dan sama-sama menyediakan alat asah batu, maka probabilitas E juga ramai dikunjungi pembeli semakin besar/ kecil? 

b) Kriteria yang digunakan dalam menilai argumen analogikal tersebut adalah kriteria nomor……. 

c) Jika bukan hanya Toko Perhiasan A, B, C, D, tetapi ditemukan ada 20 Toko Perhiasan lainnya di kota Pada Gembira yang memiliki kesamaan seperti itu dan tetap ramai dikunjungi pembeli, probabilitas E disukai pembeli semakin besar/ kecil? 

d) Kriteria yang digunakan dalam menilai argumen analogikal tersebut adalah kriteria nomor…… 

e) Jika dalam sehari rata-rata jumlah pengunjung Toko Perhiasan A adalah 100 orang, manakah rata-rata jumlah pengunjung Toko Perhiasan E yang paling mungkin? (pilih salah satu: a) sama persis 100 orang; b) lebih dari 95 orang,-; c) lebih dari 90 orang?) ….. 

f) Kriteria yang digunakan dalam menilai argumen analogikal tersebut adalah kriteria nomor……… 


KAUSALITAS



PESAWAT MELEDAK 

Suatu maskapai penerbangan X mengalami krisis keuangan akibat kasus korupsi para direksinya pada tahun yang lalu. Akibatnya, maskapai tersebut kekurangan biaya sehingga memaksa para direksi baru mengambil kebijakan memotong anggaran kepegawaian. Pemotongan anggaran itu berdampak pada pemecatan beberapa mekanik ahli yang sangat berpengalaman dan bergaji tinggi, yang kemudian diganti dengan pengangkatan para mekanik baru yang kurang berpengalaman tetapi mau digaji rendah. Kurangnya pengalaman para mekanik baru ini membuat pemeriksaan pesawat tidak dilakukan secara mendetail. Akibatnya, ada salah satu pesawat yang kondisi kabelnya terkelupas namun tidak diketahui. Ketika pesawat itu mengudara pada ketinggian 15.000 kaki, goncangan mengakibatkan kabel-kabel yang terkelupas itu saling bersentuhan sehingga terjadi hubungan arus pendek (korsluiting). Hubungan arus pendek itu mengalirkan arus tegangan tinggi ke instrumen pemantau yang terletak di dalam tanki yang penuh bahan bakar. Arus tegangan tinggi seketika menimbulkan percikan api pada instrumen tersebut. Percikan api tersebut membuat suatu ledakan dahsyat yang menghancurkan pesawat tadi hingga berkeping-keping. 

a) Manakah kondisi yang perlu (necessary condition) untuk membuat pesawat itu meledak? 
b) Manakah kondisi yang cukup (sufficient condition) untuk membuat pesawat itu meledak?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama