Smartphone Review : HP Gaming Murah Terbaik, Xiaomi Mi 5

HP Gaming Murah Terbaik, Xiaomi Mi 5


Apakah anda membutuhkan smartphone gaming dengan performa kencang ? Iya, saya mau. Tapi tak ingin keluar uang banyak atau sedang tidak banyak uang buat beli smartphone ? Iya. Anda tidak perlu menunggu 5 tahun untuk membeli smartphone merek sebelah yang terkenal mahal karena saya punya jawaban dan rekomendasi yang bagus untuk anda.

Ya, Xiaomi Mi 5 jawabannya.

Xiaomi Mi 5 tersendiri adalah smartphone flagship besutan Xiaomi yang rilis pada tahun 2016 atau kurang lebih 3 bulan setelah perilisan smartphone Xiaomi terbaik lainnya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Mi 5 sendiri adalah smartphone yang paling disukai oleh Mi Fans dan reviewer smartphone karena harga yang memang bisa menghancurkan pasaran smartphone kala itu dengan segudang fitur dan spesifikasi yang dapat membuat anda melongo.

Memangnya speknya seperti apa sih ?



Berbicara tentang spesifikasi, Mi 5 memiliki spesifikasi agak mirip dengan Samsung Galaxy S7. Mi 5 memiliki layar sebesar 5.15" dengan tipe layar LTPS IPS LCD dengan resolusi sebesar 1080x1920 piksel. Kerapatan layarnya pun sangat tajam. Dengan kerpatan layar sebesar 428ppi, anda akan mendapatkan ketajaman gambar yang baik dan bagus.



Xiaomi Mi 5 disisipi chipset yang sangat kencang besutan dari Qualcomm. Disemati Chipset CPU Qualcomm Snapdragon 820 yang mampu melakukan clockspeed hingga 2.15GHz, smartphone ini dapat melakukan hal apapun dalam urusan apapun, mulai dari multimedia hingga gaming tingkat berat. Selain itu, disemati GPU Adreno 530 dengan arsitektur "Kryo" tentu membuat pengalaman gaming anda berada di level tingkat atas.

Mi 5 secara mengejutkan telah mendukung Fast Charging 3.0 yang artinya anda cukup menunggu 30 menit untuk pengecasan hingga 58% denngan charger Fast Charging. NFC pun telah tersedia dalam flagship ini dan IR Blaster, seperti biasa, sudah tersedia dalam flagship ini.



Untuk RAM dan varian Internalnya ada 3 macam. Untuk seri terendah ada varian 3GB/32GB, untuk varian menengah 3GB/64GB, dan untuk varian tertingginya dimana saya belum jumpai di pasaran yaitu 4GB/128GB. Sayangnya, Mi 5 ini tidak mendukung slot microSD yang walhasil anda harus berbagi file pribadi anda dengan internal sistem anda.

Untuk baterai, kapasitasnya tergolong sedikit alias pelit baterai. Mi 5 hanya disemati kapasitas baterai di level 3000mAh. Meskipun begitu, dengan efisiensi Snapdragon 820 dan ukuran layar dan resolusi yang tidak besar , Mi 5 tetap awet kok. Dengan standby selama 92 jam, Mi 5 tetap menjdi smartphone yang awet pemakaian baterainya. Bahkan beda selisih 1 jam lebih sebentar dibandingkan Redmi Note 3 dan 5 jam lebih lama dibandingkan Mi A1 atau Mi 5X.

Dikutip dari GSMArena--Xiaomi Mi 5 Battery Endurance Test


Soal kamera, Xiaomi Mi 5 masih tergolong bagus untuk sektornya. Dengan menyisipkan kamera Sony IMX363 dengan resolusi sebesar 16MP dengan bukaan f/2.0, anda dapat memotret dengan kualitas gambar yang mumpuni. Selain itu, kamera Xiaomi Mi 5 dilengkapi dengan 4-axis-OIS yang dapat mengstabilkan hasil perekaman video dan tidak terkesan goyang. Selain itu juga, disematkan Dual LED Flash yang biasanya digunakn untuk memotret di suasana gelap. Untuk kamera selfie, Mi 5 tidak begitu memukau. Resolusinya hanya berada di kisaran 4MP. Akan tetapi, jenis sensor yang dipakai masih dari besutan Sony. Sehingga, anda masih mendapatkan selfie yang berkualitas dan dapat menunjang fotografi keseharian anda.

Dikutip dari DxoMark

Skor kamera Mi 5 pun bisa dikatakan "biasa saja" untuk penggunaan di tahun 2018. Bedasarkan laman benchmark kamera--DxoMark--memberi skor kamera Mi 5 di angka 79. Angka tersebut setara dengan Samsung Galaxy S5 dan Nokia Lumia 1020 dengan resolusi 41MP serta Nokia PureView 808 dengan resolusi 41MP juga.

Konektifitas pada Xiaomi Mi 5 sudah bisa mendukung 4G. Tetapi karena namanya smartphone yang terkena tackle TKDN, maka smartphone mungkin saja kehilangan daya 4G-nya. Walhasil, anda perlu flashing ROM khusus agar dapat membuka 4G-nya.

Untuk versi OSnya, Mi 5 saat perilisan awal mengusung Android Marshmallow versi 6.0.1 dan anda dapat mengupdatenya hingga seri Nougat 7.0.1. Bahkan, ada beberapa device yang sudah mendapatkan update Android Oreo 8.0.1. Artinya, smartphone ini sudah bisa menjlankan Android Oreo. Mi 5 juga mengusung UI buatan Xiaomi, MIUI versi 7, saat di awal perilisannya. Sekarang, Mi 5 sudah bisa menjalankan versi MIUI 9.5.1 yang juga kabarnya akan mendapatkan update MIUI 10 yang akan segera meluncur nanti. Bahkan, anda bisa melakukan flashing dengan ROM LineageOS, jika anda tidak suka dengan MIUI.

Mi 5 sudah dilengkapi lubang port jack 3.5mm dan USB Universal 2.0. Tak lupa Speaker yang disematkan samping USB. Tak lupa juga, sensor fingerprint yang disematkan di tombol Home yang memberikan perlindungan ekstra dalam menjaga privasi data-data anda.



Benchmark untuk Xiaomi Mi 5 sudah tak perlu ditanyakan lagi. Untuk benchmark yang paling sering dipakai, Antutu Benchmark, sudah berada di skor 157000-an atau 93% lebih baik smartphone lainnya. Selain itu, Basemark X, juga menempati posisi smartphone ini di level 33110 yang berbarti sudah memiliki skor yang sangat menakjubkan. Untuk Basemark OS II, sudah berada di level 2444 dan Basemark OS II 2.0 sidah pula di level 2200. Geekbench 3.0 juga menempatkan flagship ini berada di deretan superior. Dengan nilai 2305 untuk Single-Core dan 5358 Multi-Core, Mi 5 sudah pantas mendapatkan smartphone gaming terbaik di level mid-range. Untuk benchmark kameranya yang dilansir dari laman DxOMark, Mi 5 mendapatkan skor total 79 dengan nilai 80 untuk fotografi dan 76 untuk perekaman video dengan penilaian lama. Untuk penilaian baru, di estimasi mendapatkan nilai 83.

Untuk gameplaynya, kebanyakan game ditelan habis oleh Mi 5. Mobile Legends di level tidak ada lag sama sekali dalam kondisi optimum dan sedikir frame drop apabila sudah banyak pemain muncul dengan efek dalam satu layar. Asphalt 8 sudah berjalan dengan baik dengan framedrop minim. Real Racing 3 yang juga berjalan dengan mulus tanpa ada lag yang menganggu. PUBG Mobile juga berjalan dengan mulus dengan minimal framedrop yang tidak begitu terasa. Namun perlu catatan bahwa game berat seperti di atas akan mengakibatkan pemanasan yang cukup signifikan, sehingga smartphone anda akan mulai panas pula dengan suhu rata-rata 45 derajat Celsius dengan pemakaian 1,5 jam gaming.

Tidak disarankan untuk bermain game saat mengcas karena dapat membuat CPU cepat panas dan merusak Ion baterai yang mengakibatkan daya baterai yang kurang bagus.

Untuk bodi bagian belakang, untuk seri RAM 3GB hanya disematkan Glass Back saja. Namun untuk seri 4GB, disematkan material mahal berupa keramik premiun yang membuat smartphone ini menjadi lebih kokoh dan tahan goresan hingga skala 7 dalam skala Mohs. Tetapi untuk tampak depan, Xiaomi masih memakai bahan Anodiozed Aluminium yang bahannya tidak sekokoh kaca, tetapi masih memiliki tampilan yang terkesan mewah.

Inilah yang anda tunggu-tunggu, Harga. Untuk awal perilisannya, Xiaomi Mi 5 dibanderol sekitar 4,8 juta untuk seri terendahnya dan 5,8 jutaan untuk seri tertingginya. Kemudian untuk tahun 2018, update bulan Mei, harga sudah dipatok 2,2 juta saja untuk seri terendahnya, 2,4 juta untuk seri menengah. Untuk seri tertingginya belum saya dapat simpulkan dengan pasti karena ketersediaan yang sudah jarang, tetapi harganya pasti di kisaran 3jutaan dengan paling banter 3,4 jutaan saja.

Kesimpulan dan Rekomendasi



Saya sangat menyrankan anda untuk membeli smartphone ini jika anda perlu sebuah smartphone gaming dengan budget 2 jutaan saja. Perlu anda ketahui, Mi 5 masuk Indonesia secara tidak resmi yang mengakibatkan varian distributor dimana-mana. Tetapi, anda bisa mendapatkan ROM Global melalui digit versi MIUI yang harus 4 digit saja. Selain itu, anda juga bisa melakukan flashing dengan ROM Global yang sudah tersedia di XDA Developers. Tetapi, anda yang tidak lihai dalam flashing, disarankan untuk melakukan flasing di tempat servis yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik. Anda juga bisa membelinya di online shop yang juga sudah dijual dimana-mana.

Untuk rekomendasi saya, saya menyarankan anda untuk membeli Xiaomi Mi 5 yang warnanya hitam karena bezel pada Mi 5 yang terkesan tebal dan jelek dan membeli varian RAM 3GB / Internal 64GB.











Post a Comment

Lebih baru Lebih lama